CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 23 Juni 2015

ABOUT NABIRE-PAPUA


Nabire merupakan salah satu nama kabupaten di Provinsi Papua. kota nabire mempunyai budaya yang tidak kalah menarik dengan kota-kota lainnya loh..
Suku ASLI yang tinggal di nabire ada banyak seperti suku ekari, suku dani, dan suku moni. namun ada juga para pendatang yang tinggal di nabire, ada yang berasal dari pulau jawa, pulau sumatera, pulau kalimantan, pulau sulawesi. kebanyakan para pendatang yang datang ke nabire untuk merantau.

Makanan khas nabire sama dengan makanan di kota-kota lain di papua yaitu Papeda. Papeda adalah bubur sagu yang dimakan dengan ikan kuah kuning dan tambahan sayur tumis kangkung. makanan ini sangat enak rasanya. tapi bagi teman-teman yang baru mencoba makanan ini memang agak susah jika ingin menyendok, karena adonan bubur sagu ini seperti lem..
Kerajinan tangan khas nabire juga ada banyak, salah satunya yaitu Noken. Noken adalah tas anyaman yang terbuat dari akar anggrek..
Tempat wisata di nabire kebanyakan berupa pantai, ada namanya Pantai Nabire, Pantai Gedo, Pantai Budi, Pantai Naomi, Pantai Nusi, Pantai pasir putih, Pantai Monalisa, dll.
Nabire juga terkenal dengan sebutan Kota Tugu dan Kota Jeruk. kenapa disebut kota tugu? karena banyak terdapat tugu. seperti Tugu Roket, Tugu Jam, Tugu Pattimura, dll. kemudian kenapa disebut Kota Jeruk? karena di nabire buah jeruk melimpah dan murah harganya..

Pokoknya banyak deh cerita dan hal-hal tentang kotaku, jadi bagi teman-teman yang ingin lebih tau lagi tentang papua silahkan datang yaaaa! sumpah kalian bakalan takjub melihat keindahan papua..

0 komentar:

Posting Komentar